Dollar Kembali Menguat Terhadap Yen

 

Dollar kembali menguat terhadap yen dan menyentuh level tertinggi tujuh tahun yang baru. Peberdaan kebijakan moneter antara Federal Reserve dan Bank of Japang menjadi faktor utama dominasi dollar terhadap yen.


Federal Reserve pada pekan lalu mengakhiri program pembelian obligasi dan semakin mendekati untuk menaikkan suku bunga pertama sejak tahun 2006. Sebaliknya BOJ pada pekan lalu mengejutkan pasar dengan menambah stimulus moneter atau yang dikenal dengan monetary base menjadi 80 triliun yen dari sebelumnya sebesar 60 triliun - 70 triliun yen.


 


Data ekonomi AS yang dirilis ADP kemarin menunjukkan sektor swasta AS menambah tenaga kerja sebanyak 230.000 di bulan Oktober, lebih baik dari estimasi ekonom sebesar 214.000. Data dari ADP tersebut biasanya dijadikan acuan untuk data tenaga kerja AS versi pemerintah yang akan dirilis Jumat besok. Bagusnya data tenaga kerja AS semakin meningkatkan spekulasi The Fed akan menaikkan suku bunga lebih cepat. 


USDJPY diperdagangkan pada kisaran 114.88 pada pukul 09.05 setelah sempat menyentuh level tertinggi harian 115.01 dan terendah 114.56 (platform Monex Trader ).

Dollar Kembali Menguat Terhadap Yen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rahman Aksionline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar